Senin, 05 Maret 2012

Apa itu Bottleneck ?

Hallo apa kabar?
akhirnya bisa nge blogg lagi setelah sekian lama gak post apapun di blog yang masih sepi ini  :D .

Yak kali ini saya akan membahas soal "Apa itu bottleneck"
Tentu saja yang saya tahu saja , soalnya saya sendiri masih newbie dalam hal yang beginian..
Yak langsung saja bottleneck atau kalo orang kita bilang "Boneck" yang memiliki arti "Leher botol" itu ya bisa di umpamakan sebagai "Leher botol" dalam arti sebenarnya.
coba perhatikan leher botol. dari bagian botol, leher botolah di mana bagian botol dan mulai menyempit.
Seandainya kita menuangkan air dari botol maka bagian lehernya lah yang menjadi penyumbat aliran air dari botol tersebut.

Bottleneck dalam istilah komputer

Ya karena saya juga masih newbie dalam masalah ini. Mohon maaf kalo ada yg salah. Kalo bisa komen ya :D .

Seperti yang dibahas di atas, kata kuncinya yaitu tersumbat. Dalam hardware komputer biasanya peristiwa ini terjadi karena adanya ke tidak seimbangan dalam spesifikasi komputer. Di mana satu hardware sangat bagus, tapi ada hardware lain yang jadi beban alias penghambat.Padahal keseimbangan dalam pemasangan hardware sangat berpengaruh dalam meng-Optimalkan semua bagian dari PC untuk bekerja sesuai kekuatan maksimalnya.

CONTOH KASUS :

Budi merakit sebuah PC dengan spesifikasi sebagai berikut:
  • Prossesor intel P4 521 2.8 Ghz
  • Asus P5G41TMLX
  • RAM 512Mb
  • VGA Nvidia GTX580
Budi takut kalau PC yang di rakitnya itu boneck, apakah PC budi akan Boneck? 


JAWAB : IYA
Karena spesifikasi PC budi tidak seimbang. Dimana VGA nya salah satu VGA kelas High-End dengan kemampuan yang tangguh, di duetkan dengan Pentium 4 yang sudah bukan masa kejayaanya lagi. Apalagi RAM nya sangat miris cuma 512Mb. ini jelas akan mengalami boneck. VGA yang mungkin di ibaratkan larinya akan sekencang Kuda liar, jika di padukan dengan hardware yang kurang mumpuni akan seperti Kuda yang kehausan. GTX580 ibarat bagian dasar botol, dan P4 beserta RAM 512 Mb leher botolnya. jadilah kinerja PC Budi TIDAK OPTIMAL

Hal ini bisa terjadi lagi jika ke empat hardware (Prosessor,RAM,VGA,MotherBoard) berada di keadaan tidak seimbang. Jadi PC yang seharusnya berlari kencang , hanya bisa berjalan karena ada komponenya yang larinya lambat.

Kesimpulan:
Kenali kemampuan hardware anda jika anda akan merakit sebuah PC. Jangan sia-siakan uang anda dengan hanya memperhatikan salah satu bagian saja, tanpa memperhatikan bagian lainya. Ini akan berakibat bottleneck , yang membuat salah satu bagian hardware yang anda pasang tidak bekerja secara optimal.


"In engineering, bottleneck is a phenomenon where the performance or capacity of an entire system is severely limited by a single component. The component is sometimes called a bottleneck point. The term is metaphorically derived from the neck of a bottle, where the flow speed of the liquid is limited by its neck.
Formally, a bottleneck lies on a system's critical path and provides the lowest throughput. Bottlenecks are usually avoided by system designers, also a great amount of effort is directed at locating and tuning them. Bottleneck may be for example a processor, a communication link, a data processing software, etc."
 Komen & jangan lupa Share ya :D
Post By: IMANSA_ jangan cuma copas :D budayakan ketik dengan bahasa sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar